Laman

Rabu, 10 Desember 2014

Wisata Kuliner Di Jogja

Jika anda sedang merencanakan untuk berlibur ke kota Jogjakarta, kurang lengkap rasanya jika anda tidak mencicipi makanan-makanan khas di jogja. Blog ini mereferensikan beberapa makanan khas jogja yang populer, tempat makan yang menarik, dan oleh-oleh khas jogja yang dapat dibawa pulang ke kampung halaman anda.

Kota Yogyakarta yang biasa disebut Jogja atau Yogya merupakan kota unik yang memancarkan pesona budaya yang luar biasa. Keragaman adat dan tradisi, keramahtamahan masyarakat dan kekayaan warisan budaya merupakan magnet yang begitu kuat menarik siapapun untuk mengenal dan berpetualang menikmati setiap sudut kota ini. Potensi yang dimiliki ini merupakan kekayaan yang terus dijaga, dirawat, dilestaraikan dan dikembangkan dengan harapan dapat memajukan budaya dan pariwisata. Jogja tidak hanya dikenal sebagai kota budaya, tetapi juga kota yang menyediakan berbagai jenis kuliner khas Indonesia yang siap menggoyangkan lidah. Bukan hanya disiang hari, di malam hari pun kuliner khas Jogja tak pernah sepi. Bila menusuri indahnya kota Jogja di malam Yogyakarta merupakan salah satu kota tujuan wisata di Indonesia yang banyak dikunjungi wisatawan. Makanan khas Jogja bukan hanya gudeg yang manis, tetapi juga berbagai macam rasa yang mampu membuat lidah bergoyang dengan rasa manis, pedas, asam, dan asinnya kekayaan kuliner Jogja.

Apa Itu Wisata Kuliner?

Secara sepintas pengertian wisata kuliner adalah jalan-jalan yang bertujuan untuk makan. Meski konteks wisata kuliner menimbulkan beberapa pro dan kontra karena peggunaan kata wisata yang digunakan bersamaan dengan kata kuliner kurang tepat, bagi beberapa pihak yang bergelut di bidang Bahasa. Terlepas dari itu, masyarakat sudah sangat familiar dengan istilah ini dalam kehidupan mereka. Wisata Kuliner itu sendiri memiliki pengertian sebagai berikut :
  • Wisata yang menyediakan berbagai fasilitas pelayanan dan aktivitas kuliner yang terpadu untuk memenuhi kebutuhan wisatawan yang dibangun untuk rekreasi, relaksasi, pendidikan dan kesehatan.
  • Kunjungan ke suatu tempat yang merupakan produsen dari suatu makanan, festival makanan, restoran, dan lokasi-lokasi khusus untuk mencoba rasa dari makanan dan atau juga untuk memeroleh pengalaman yang didapat dari makanan khas suatu daerah yang merupakan motivasi utama seseorang untuk melakukan perjalanan wisata)
  • Wisata kuliner adalah suatu perjalanan yang di dalamnya meliputi kegiatan mengonsumsi makanan lokal dari suatu daerah; perjalanan dengan tujuan utamanya adalah menikmati makanan dan minuman dan atau mengunjungi suatu kegiatan kuliner, seperti sekolah memasak, mengunjungi pusat industri makanan dan minuman; serta untuk mendapatkan pengalaman yang berbeda ketika mengonsumsi makanan dan minuman
Peta Wisata Kuliner Jogja
Beberapa tahun belakangan, Daerah Istimewa Yogyakarta menjadi sesak oleh para pengunjung dari luarkota yang sengaja datang untuk berwisata, salah satu yang menjadi tujuan wisata adalah keanekaragaman makanan yang tersedia baik makanan khas lokal, maupun makanan ala luar negeri. Hal ini mungkin terjadi bukan hanya di Jogja tetapi dikota-kota lain di Indonesia khususnya yang memiliki kekhasan dan keragaman makanan. Pada saat orang berkunjung ke suatu tempat untuk memburu makanan atau penganan sekaligus untuk berlibur membuat wisata ini menjadi lahan usaha wisata kuliner yang cukup menjanjikan.


References :

Hall & Sharples, dalam www.digilib.petra.ac.id

1 komentar: